Ines Putrie Regina

@FamilyCellBDG

just the ordinary people

bandung · http://goo.gl/tHgsPu

artikel

komentar

Pageviews

Nesfruta

Vine: Cara Baru Untuk Berbagi Video

2/11/2013


Setelah sekian lama netizen dunia asyik memposting gambar hewan kesayangan sampai menu makan siangnya melalui Instagram, kini telah hadir sebuah aplikasi mobile yang baru untuk berbagi rekaman aktivitas kita yang bernama Vine. Baru? Tentu, karena kini Anda tidak lagi sekedar berbagi foto/gambar diam saja, tapi video! Namun kata “motion” sepertinya lebih tepat untuk bentuk konten yang dapat dibagikan melalui aplikasi ini.

Hal itu disebabkan oleh beragamnya bentuk video yang dapat dibuat, entah itu video yang direkam dalam satu kali perekaman atau beberapa kali perekaman yang hasilnya nanti mirip dengan stop motion atau animasi GIF, tergantung kepada kreatifitas user.

Vine menyediakan fitur untuk merekam gerakan berikut suara melalui kamera smartphone kita selama 6 detik yang hasilnya nanti akan dikemas berupa klip video singkat yang berputar secara berulang (looping). Selain pada account Vine, Anda dapat membagikan hasil videonya melalui account E-mail, Twitter ataupun Facebook.

Menariknya lagi, video yang dikemas oleh Vine tidak membutuhkan plugin apapun untuk menampilkannya di browser, sehingga kita dapat menikmati videonya melalui beragam perangkat khususnya yang tidak mensupport plugin Flash Player seperti perangkat-perangkat berbasis iOS, dsb. Kemudahan itu merupakan salah satu dampak positif dari berkembangnya teknologi HTML5 dalam hal menyajikan konten multimedia secara online.

Vine sendiri merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Twitter selaku salah satu situs social media dengan jumlah terbanyak setelah Facebook. Meski begitu, untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda tidak diharuskan memiliki account Twitter.

Namun sayangnya, saat diluncurkan beberapa hari yang lalu, Vine baru tersedia di App Store untuk perangkat-perangkat berbasis iOS milik Apple. Dan saat ini aplikasi untuk paltform masih sedang dalam tahap pengembangan. So, untuk pengguna perangkat yang tidak menggunakan iOS, kita tunggu saja ya.

Berikut ini beberapa contoh karya yang dibuat menggunakan Vine:
  • http://vine.co/v/biTaEEwdq2n?1
  • http://vine.co/v/b55LOA1dgJU
  • http://vine.co/v/bMp2XwKaHFQ

DMCA.com
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Post a Comment