Ines Putrie Regina

@FamilyCellBDG

just the ordinary people

bandung · http://goo.gl/tHgsPu

artikel

komentar

Pageviews

Nesfruta

Perkenalkan: Smartphone Bongkar Pasang!

2/19/2014
Perkenalkan: Smartphone Bongkar Pasang!  - Pernahkan Anda berada dalam situasi seperti ini; Baru saja membeli sebuah smartphone baru nan canggih (yang sudah Anda idam-idamkan sejak lama), tapi seminggu kemudian muncul versi baru dengan teknologi yang lebih canggih? Hmm..agak menyesal bukan?

Mungkin Anda tidak akan terlalu menyesal andai smartphone yang beredar sekarang upgradable alias bisa gonta ganti komponen mengikuti perkembangan teknologi yang ada.
Mungkinkah hal itu Terwujud?

Dave Hakkens dan tim yang bekerja di Phoneblocks sudah lama memperkenalkan konsep smartphone modular. Teknologi smartphone ini disiapkan supaya penggunanya bisa mengganti modul kamera, prosesor, dan layar tanpa harus mengganti keseluruhan perangkat.

Motorola Mobility –yang sekarang dimiliki oleh Google – baru-baru ini mengumumkan konsep ponsel yang bersifat modular (bongkar pasanga) dan hackable bertajuk Project Ara. Proyek ini adalah hasil kolaborasi Motorola dengan dengan Dave Hakkens dan orang-orang yang ada di Phonebloks.


“Kami berkonsentrasi untuk melakukan pekerjaan teknis yang mendalam, sedangkan Hakken berupaya menciptakan komunitas.

Proyek ini membutuhkan kedua hal tersebut (sisi teknis dan komunitas yang mendukungnya). Jadi, Kami akan mengerjakan Project Ara dalam lingkungan yang terbuka dan melibatkan seluruh komunitas Phonebloks guna mendukung seluruh proses yang berlangsung,” Papar Paul Eremenko dari
Motorola yang dituangkan dalam blog resmi perusahaan.

Sayangnya, meski Projet Ara sudah diumumkan pada musim gugur tahun 2013, tapi Motorola tidak menyertakannya pada ajang CES 2014 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Di belahan bumi lain, ZTE yang notabene produsen smartphone papan atas Cina telah selangkah lebih maju. Sebuah konsep smartphone yang diberi nama Eco-Mobius muncul di ajang CES 2014. Eco-Mobius sendiri telah memenangkan Red Dot Design Award, sebuah ajang penghargaan untuk smartphone dengan desain atau konsep terbaik.

ZTE diklaim ada di posisi nomor 4 atau 5 di dunia untuk urusan produksi seluler dan ponsel. Perusahaan negeri panda ini juga memproduksi ponsel untuk operator, tablet, dan perangkat mobile hotspot.

Keduanya, ZTE dan Motorola masih ada di tahap awal tahap awal dari proses desain. Masih banyak tantangan dan kendala yang harus mereka atasi dari konsep smartphone modular tersebut. Able Chen, seorang insinyur desain industri di ZTE mengatakan bahwa problem terbesar dari proyek Eco-Mobius  ini adalah bagaimana cara  mengintegrasikan CPU (prosesor utama) dan GPU (prosesor grafis).

Namun  di sisi lain Andre Elliot, Direktur Strategi Pemasaran ZTE  yakin bahwa tren industri saat ini memang sedang menuju ke arah modularitas (kemampuan untuk mengganti dan memasang komponen). Jika kemampuan CDMA dan GSM dapat disilangkan dengan sistem ini, tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Masa Depan Tren Modular
Bayangkan jika Anda ingin mengganti kamera ponsel yang rusak saat ini. Tentu Anda akan menyerahkannya kepada layanan servis ponsel untuk menggantinya dengan modul kamera yang baru, tentu saja dengan menambahkan ongkos pasang. Saya yakin sebagian besar dari kita tidak akan berani bereksperimen memasang sendiri.
Nah, kini coba bayangkan jika Anda memilik ponsel modular. Tinggal beli komponen yangs esuai, lalu bisa Anda pasang sendiri layaknya balok-nalok permainan LEGO.
Jika Anda seorang fotografer mobile, silakan berimajinasi dapat mengganti kamera standar ponsel dengan kamera versi pro, mengganti lensa makro, menambahkan lensa fish eye atau bahkan mengganti dengan modul kamera dengan resolusi lebih besar.

Pertanyaannya, kapankah hal itu terwujud?
Abble Chen dari ZTE merasa yakin bahwa proyek Eco-Mobius akan terselesaikan dalam kurun waktu 1 tahun ke depan. Di sisi lain, Anda juga berharap Motorola memiliki optimisme yang sama dengan ZTE. Sambil berimajinasi, Mari kita tunggu smartphone bongkar pasang untuk benar-benar hadir di pasar!
Arf/ foto phandroid-theverge

DMCA.com
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Post a Comment